Sinopsis & gerakan tari Puspawresti

 TUGAS SENI BUDAYA

Sinopsis & gerakan tari Puspawresti


































Oleh : 

I Wayan Gde Adi Surya Wirawan [X MIPA 1] [14] [semester 1]
[11808] [SMA Negeri 3 Denpasar] [ tahun ajaran 2021/2022]

Konteks :

Berikut merupakan sebuah tugas seni budaya yang telah diperpanjang dan diperjelas, setelah perpanjangan waktu pengumpulan dan tambahan lainnya. Informasi yang tercangkup memiliki berbagai sumber, sebagian besar sumber yang digunakan bersifat ‘relatif kredibel’ dan sumber tambahan dari mereka yang pernah melakukan tarian tersebut.

Seni Budaya X MIPA 1 - TUGAS 3 


Sinopsis Tarian & Gerakan Tari Puspawresti


Isi teks :

Pengertian/sinopsis

Sejarah

Ragam gerak

Struktur tari


pengertian/sinopsis

Tari ini terinspirasi dari tari pependetan yang terdapat dalam pura-pura di daerah Bali dimana tari pendet merupakan tari wali yang berfungsi sebagai tari penyambutan turunnya para dewa. Maka, tari Puspawresti (Puspa = bunga, wresti = hujan) diciptakan mengikuti gerak-gerik tari pependetan. Tari ini dibawakan oleh sekelompok penari pria dan wanita.

Para penari wanita membawa properti berupa bokor, yang berisikan bunga yang berwarna-warni; mereka ditemani oleh penari pria yang membawa properti tombak. Tarian ini menggambarkan ‘sekelompok pemuda-pemudi yang penuh rasa hormat dan ramah tamah menyambut kedatangan para tamu yang berkunjung ke desa/daerah mereka’.

Sejarah

Tari Puspawresti merupakan tarian yang terinspirasi dari tari pependetan. Dibuat pada tahun 1981 oleh I Wayan Dibia dan I Nyoman Windha. 'Tari Puspawresti yang berasal dari kata Puspa yang berarti bunga dan wresti yang berarti hujan, diciptakan mengikuti gerak tari Pendet.

Ragam Gerak

Tari Puspawresti merupakan tari penyambutan yang biasanya ditarikan oleh sekelompok penari pria dan wanita. Tari ini memadukan pola - pola gerak beberapa tarian upacara seperti Gabor.

Gerakan-gerakan tersebut berupa :

  • Ragam Gerakan pada Penari Wanita :



  • Agem Kanan

  • Agem Kiri

  • Sledet Kanan

  • Sledet Kiri

  • Nyelier

  • Nyegut

  • Ngeseh

  • Gerakan buang bunga

  • Penjelasan gerakan yang kurang jelas pada Ragam Gerakan pada Perari Perempuan :
  • [ Agem ] : Gerakan yang dilakukan dengan meletakkan kaki [1] (kiri/kanan) di depan kaki [2] dan mengarah pojok, cacan dan kepala rebahan ke arah [2] , tangan [2] sejajar dengan mata, tangan [1] sejajar dengan susu/dada, telapak tangan menghadap ke [2].
    Konteks : [1] = arah yang dipilih (kiri/kanan) ;; [2] = arah yang berlawanan dengan [1]

  • [ Sledet ] : Gerakan yang dilakukan dengan cara bola mata mengarah ke [1] , lalu setelah itu kembali lagi ke tengah.

  • [ Nyelier ] : Gerakan dilakukan dengan mata menutup sebelah dan diikuti dengan gerakan leher memutar lalu kembali lagi ke depan.

  • [ Nyegut ] : Gerakan dilakukan dengan cara bagian kepala dan dagu mengarah ke bawah, alis mengkerut, dan diikuti dengan gerakan mata melihat ke bawah.

  • [ Ngeseh ] : Gerakan dilakukan dengan cara mensgerakan panggal lengan secara perlahan.

  • Ragam Gerakan pada Penari Pria :



  • Menarikan bagian pepeson

  • Majalan gayal gaya

  • Ngagem kanan dan kiri

  • Majalan nengkleng

  • Malpal

  • Menarikan bagian pengadeng

  • Miles/Nganget

  • Majalan adeng nengkleng

  • Numbak kesamping

  • Ngigelang tumbak

  • Majalan oveg -oyee

  • Menarikan bagan pasiat/pakaad

  • Ngagem ngisi tumbak

  • Saling tumbak

  • Malpal

  • Numbak ke samping

  • Penjelasan gerakan yang kurang jelas pada Ragam Gerakan pada Penari Pria :
  • Malpal : Gerakan yang dilakukan selayaknya berjalan biasa, namun dengan kedua kaki terbuka serta diangkat menyesuaikan dengan :empo dari irama atau Iringan

  • Miles : Gerakan dimana tumit kaki digerakkan ke arah depan dengan haluan melalui jalur tengah, dll.

  • [ Numbak ] : gerakan-gerakan yang melibatkan penggunaan properti tombak, yakni menusuknya ke arah tertentu.

  • [ majalan ] : gerakan dimana pelaku berjalan dengan kondisi tertentu.

  • [ngigelang ] : menarikan (bahasa bali dari menarikan)

Struktur Tari

  • Pemeson

  • Bagian Wanita : 

Gerakan berjalan ke depan dilanjutkan dengan berjalan ke samping kanan

dan kiri membentuk ‘angka 8’ lalu ngeset agem kanan. Gerakan naik turun ngelier, sledet kanan dilanjutkan dengan gerakan luk nerudut ngiler, sledet kanan, gerakan naik turun ngelier, sledet kiri dilanjutkan dengan gerakan luk nerudut rgeier, sledet kiri, gerakan naik turun ngelier, sledet kanan dilanjutkan dengan gerakan luk nerudut ngelier, sledet kanan. Diakhiri dengan gerakan pandangan ke pojok kiri kaki kanan menutup, angget kiri, ngese, agem kanan, dikuti gerakan luk nerudu: dengan irama cepat, ngeseh, piles kiri, gerakan ke samping kiri lalu agem kiri. Gerakan berjalan ke depan dilanjutkan dengan berjalan ke samping kiri dan kanan membentuk ‘angka 8’ lalu ngeseh agem kiri. Gerakan naik turun ngelier, sledet kanan dilanjutkan dengan gerakan luk nerudut ngelier, sledet kanan, gerakan nak turun rgelier, sledet kiri dilanjutkan dengan gerakan luk nerudut ngalier, sledet kiri, gerakan raik turun ngelier, sledet kanan dilarjutcan dengan gerakan uk nerudut ngelier, sledet kanan. Diachiri dengan gerakan pandangan ke pojok kanan kaki kiri menutup, angget kanan, ngeseh, agem Kiri, diikuti gerakan luk nerudut dengan irama cepat, ngeseh, piles kanan, akan he samping kanan lalu ager kanan.

  • Bagian Pria :

Keluar berjalan bersamaan dengan gerak penari wanita. Agem kanan, tombak ada ditengah gerakan nusuk ke depan, setengah duduk, posisi tombak serang kanan lalu tombak berdiri dengan posisi tangan tertutup, dibuka, lalu agem kanan, berdiri, malpal. Agem kiri,tombak ada di tengah gerakan nusuk ke depan, setengah duduk, posisi tombak serang kiri lalu tombak berdiri dengan posisi tangan tertutup, dibuka, lalu agem kiri, berdiri, malpal.

  • Pengawak

  • Bagian Wanita :

Agem kanan, gerakan nye og ke kanan lalu kiri, geser ke kanan, geser ke kiri

nyalud agem kiri. Agen kiri, gerakan nyelog ke kiri lalu kanan, geser ke kiri geser ke

kanan nyalud agem karan. Agem kanan, gerakan nyelog ke kanan lalu kiri, geser ke

kanan, geser ke kiri nyalog agem kiri, agem kanan nyelog ke belakang 4 (empat) kali.

  • Bagian Pria :

Agem kanan piles kiri, ngelier, cegut, angkat kaki kiri, taruh, oyod, 3 (tiga) kali, piles agem kiri, agem piles kanan, ngelier, cegut, angkat kaki kanan, taruh, oyod, 3 (tiga) kali, piles agem kanan, maju kaki kiri, tanjuk kaki kanan angkat ke depan, maju kaki kanan, tanjuk kaki kiri angkat ke depan, maju kaki kiri, tanjuk kaki kanan angkat ke depan. Gerak malpal mundur,agem kanan, maju ke depan 2 (dua) kali hadap ke belakang, malpal ke depan, agem 

  • Pekaad

  • Bagian Wanita :

Agem kanan, sledet, cegut, agem kiri, sledet, cegut, agem kanan, sedet, cegut, ngenjet, tabur bunga, piles kanan, piles kiri, jalan. Tabur bunga piles kiri, piles kanan, jalan ke belakang.

  • Bagian Pria :

Agem kanan, gerakan oyod kanan dan kiri, agem kiri, gerakan oyod kanan dan kiri, agem kanan, gerakan oyod kanan dan kiri, dengan arah hadap ke samping, kebelakang, dan kedepan,agem kanan, sledet, cegut, agem kiri, sledet, cegut, agem kanan, sledet, cegut. Lalu geraktombak ke bawah, tusuk ke depan, gerakan tangkis, ke belakang, lagi tusuk ke depan, gerakan menoleh ke kanan dan ke kiri, mundur kaki kiri, agem kanan, piles kaki kiri, malpal. Agem kanan,gerakan seperti yang tadi, agem kanan, piles kiri, malpal, mengikuti penari wanita kembali ke belakang panggung.






Comments

Popular posts from this blog

Sinopsis dan gerakan tarian Puspa Wresti

Dampak Data Dibiarkan Dapat Diakses Publik